Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Profil

Tentang Kami

Halaman ini berisi informasi mengenai profil Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mataram

Visi Kota Mataram

HARMONI

Menjadi kota dengan pluralisme yang tinggi, mengayoml semua agama. Memberi kebebasan beragama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan Menjaga masyarakat heterogen yang berasal dari beragam suku, egama, ras, dan golongan

AMAN

Menjadikan Mataram sebagai kota yang aman dan nyaman bagi seluruh golongan, suku dari agama Mengedepankan pendekatan persuasif untuk setiap gangguan di masyaraxat. Mewujudkan masyarakat yang tertib dan disiplin

RAMAH

Menjadikan Kota Mataram yang melayani warganya melalui birokrasi yang profesional dan modern Menyiapkan Kota Mataram menjadi kota yang ramah bagi semua lapisan masyarakat yang diwujudkan dalam penyediaan infrastruktur, pengelolaan lingkungan dan kesempatan berusaha

UNGGUL

Memacu peningkatan sumber daya manusia (SDM), Membekali pendidikan karakter yang baik Pemerataan kualitas pendidikan di semua sekolah. Memberi ruang kepada anak-anak berprestasi untuk meningkatkan kemampuan di segala bidang. Memfasilitasi pembentukan SDM yang kreatif guna mendukung perekonomian dan daya saing Kota.

MANDIRI

Meningkatkan kapasitas dan skill warga, Memacu hadirnya ruang-ruang ekonomi kreatif. Mendukung sektor pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL). Membangun kemandirian fiskal bagi kota Mataram.

Misi Kota Mataram

MISI
  1. Mewujudkan Sumber Daya Masyarakat yang Berkualitas dan Berkarakter
  2. Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan
  3. Meningkatkan Kualitas Lingkungan dan Pemukiman yang Layak Huni
  4. Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan dan Partisipasi Publik
  5. Meningkatkan Daya Saing Ekonomi dan Pengembangan Industri Kreatif
  6. Mewujudkan Infrastruktur yang Berkelanjutan dan Berkeadilan
Tentang Kami

Berangkatan dari sejarah terbentuknya Sospol dan Mawil Hansip Kota Mataram yang mengalami perubahan pembentukan berdasarkan PERDA Kota Mataram Nomor 18 Tahun 2000 tanggal 23 Desember 2000. Lembar Daerah Kota Mataram Seri D Nomor 9 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi Lembaga Daerah Tehnis Daerah Kota Mataram. Lembaga ini mereposisikan diri dengan perubahan nama menjadi Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat dengan peran fungsi dari pembinaan meningkatkan kepada pemberdayaan masyarakat.
Bertitik tolak dasar-dasar Pembentukan dan perubahan nama diikuti pula dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian susunan pemerintahan, dimana Pemerintah, Pemerintah daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dari tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah melalui ketentuan dimaksud dilakukan pembentukan susunan organisasi Lembaga Teknis Daerah.
Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat, mengalami perubahan struktur fungsi tugas (sesuai perubahan susunan nama bidang-bidang dan sub bidang). Namun perubahan ini tidak sampai disini, ada kaitannya dengan pembentukan pada salah satu kantor SATPOL PP sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja yang isinya tentang Pengalihan fungsi Perlindungan Masyarakat ke SATPOL PP maka diikuti pula dengan perubahan semua dari susunan struktur organisasi dengan perubahan nama menjadi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Negeri Kota Mataram, serta perubahan susunan struktur oranisasinya, perubahan inti pada bidang Linmas berubah menjadi Tugas dalam Pasal 4 yaitu SATPOL PP mempunyai tugas menegakkan Perda dan menyelenggarakan Perda Ketertiban Umum dan Ketentraman masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

 

Visi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Mataram

“Mewujudkan Harmonisasi Dalam Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat Di Kota Mataram”

Misi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Mataram
  1. Mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
  2. Memiliki rasa tanggung jawab untuk mengantisipasi melaksanakan tindakan prefentif terhadap hal-hal yang dapt menimbulkan disintregasi bangsa.
  3. bersama-sama membangun bangsa dan watak bangsa (Nation and Character building) untuk menjadi bangsa yang berakhlak, maju dan religius.
  4. Demokratisasi, konstitusional, konsisten melaksanakan penegakan hukum dan hak asasi manusia.
  5. Mampu berperan dalam pergaulan antar bangsa, suku bangsa dalam setiap aspeknya sesuai dengan harkat dan martabat bangsa, suku bangsa dan memiliki jati diri.
  6. memiliki kemandirian dalam memperjuangkan tujuan dan cita-cita dalam jaringan kerjasama dan sinergi

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mataram